Computer Vision Syndrome

0 komentar

ga kerasa seminggu lebih ga posting. sibuk di depan komputer menggarap gambar-gambar yang ga jelas, lupa deh mo curhat. tapi gara-gara sibuk di depan komputer mulu, mata jadi capek dan kering. hmm.. tanda-tanda gejala CVS neh. itu tuh computer vision syndrom, gangguan pada mata yang menyebabkan berkurangnya refleks mata untuk berkedip dalam waktu lama (lebih dari dua jam). yaa.. mang gini neh, dikejar deadline mata lelah kerja keras menatap komputer. harusnya sering berkedip, karena untuk membersihkan mata dari kuman yang masuk. normalnya mata akan berkedip sebanyak 16-20 kali per menit, tapi bagi penderita CVS hanya berkedip sebanyak 6-8 kali per menit. akibatnya mata akan sangat mudah mengalami kekeringan (dry eye).
penderita CVS akan mengalami penurunan kemampuan fokus mata melihat dekat sebelum waktunya atau presbyopia dini (hiii... serem!), padahal umumnya kondisi ini akan dialami setelah 40 tahun! (wow...). saat bekerja dan menatap monitor komputer tanpa henti, otot silier mata yaitu otot mata yang berfungsi memfokuskan benda akan berkonstraksi secara terus menerus. hal ini yang menyebabkan mata lelah (astenopia). dan klo terus terjadi lama-lama kemampuan mata untuk fokus pada benda yang dilihat akan berkurang, bisa-bisa harus menggunakan kacamata plus. waduh gawat neh... mana mau usia muda ko pake kacamata plus! hehe...
gejalanya selain kering, mata terasa tegang dan kering, juga sering sakit kepala, pandangan menjadi kabur, leher terasa tegang dan badan cepat lelah. hmm... sudah ada gejala neh, harus dicegah biar ga tambah parah.
salah satu langkah pencegahan adalah dengan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit lihat ke benda yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. ada juga dengan menutup mata paling sedikit 20 detik selama 1 jam bekerja di depan kompter, lebih sering lebih baik. dan jangan lupa membawa obat tetes mata bila terlanjur menderita CVS.

0 komentar:

Posting Komentar

komen sih komen

 

©Copyright 2011 cerita PoENYa-koe | TNB