savoir trois

0 komentar
senin sampai kamis kemaren bener-bener menegangkan bagi murid-murid sma kelas tiga. bagaimana ga, saat itu sedang berjuang sampai titik darah terakhir berkutat dengan soal-soal ujian negara atau UN. yang bikin ngeri ya... nilai standar kelulusan, 5.5 boo... setahun yang lalu masih 5.25. ck ck ck kecian yang ga bisa memenuhi standar. yah wajar klo ada kecurangan, kayak soal bocor atau tersebarnya jawaban soal. klo ga para guru dan kepala sekolah bersekongkol membenarkan jawaban yang salah. itu seh bisa aja karena gengsi atau kasihan. hmmm.. setuju klo gitu ^^
suasana ujan kayak gini bikin inget jaman sma dulu. apalagi sama temen-temen kelas 3 IPA 3, alias savoir trois. dulu, klo lagi ujian catur wulan atau ujian akhir nasional, savoir trois tuh kompak banget buat merencanakan cara pencontekan. hehehe... pake simulasi segala lagi! yang aku inget ya pas menjelang ujian akhir nasional, kan suka ada try out tuh... jadi kita tau posisi masing-masing. yang pinter (yang selalu dapet rangking) harus bersedia membagikan jawabannya ke yang lain. jadi si A si B si C yang pinter itu duduk dimana, lalu temen-temen yang ada disebelahnya bertugas membagikan ke temen-temen yang lain. berhubung aku persis disebelah sang juara kelas jadi tugasku ya membagikan jawaban itu, lagian lumayan banget dapet jawaban dari sang juara hahaha ^^.
caranya macem-macem, ga kayak yang umum dipakai sekarang. savoir trois punya cara tersendiri. bahkan kelas lain pun iri akan kekompakan kita. hehehe... bukan sombong tapi memang bener, savoir trois satu-satunya kelas yang kompak sampai sekarang ^^. balik lagi ke contekan, di ruanganku (berhubung klo ujian kelas dibagi 2 atau 3 ruangan) ada sekitar 20 anak dari absen terbawah kelas. nah, untuk menyebarkan jawaban itu ada yang pake cermin pengkeruk pensil (pengkeruk jaman dulu, tau kan?!) lalu ada yang pake pengkeruk meja (yang ada tempat sampahnya itu) tempat sampahnya dipake buat nyimpen jawaban, trus ada yang pake kode. nah ini yang susah. semua anak harus apal kapan siapa dan bagaimana kode itu berjalan. lain ruangan lain kode. misal, satu jam dari mulainya ujian, alarm jam tangan salah satu anak pemegang kode akan berbunyi. saat itu semua temen yang pengen nyontek harus liat dia. kemudian anak itu akan memutar-mutar pensil tanda mau mulai. dengan beberapa jeda tiap soal, kode itu diberikan. ga semua jawaban seh, tergantung yang ngasih ^^ kodenya jawaban A dengan memegang ujung pensil yang runcing, jawaban B ujung satunya lagi yang tumpul, jawaban C dengan memegang telinga, jawaban D memegang rambut, jawaban E megang dagu. hahaha... gimana canggih bukan??!!!
ga hanya kompak nyontek doang, kadang kelasku bikin ribut sekolah juga. kayak, kompak bolos pas pengayaan, bikin penjaga sekolah ngomel-ngomel karena harus bangun pagi buat bukain pager sekolah karena kelasku satu-satunya yang suka pindah tempat duduk tiap senin-kamis. hahaha... kadang ada yang masuk dari jam 5 pagi demi tempat duduk strategis ^^ hmmm yang cowok lebih parah klo bercandaan. ada permainan 'digesek' klo ada yang ulang tahun, atau sengaja diisengin, atau dapet nilai bagus pasti kena kerjaan cowok-cowok savoir trois. digesek itu sang korban rame-rame diangkat kemudian direnggangkan kakinya lalu digesekan selangkangannya ke tiang penyangga ^^ hihihi... kebayang kan gimana perih dan sakitnya, sampe celana sobek! hahaha...
kekompakan kelasku ga hanya itu aja. kadang kita nonton bareng tiap senen biar murah alias nomat (nonton hemat), foto kelas, bikin jaket, ngecat kelas trus ada perpisahan kelas yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. dan tiap tahun setelah lulus selama kuliah ada reunian. tapi dua tahun terakhir ga ada tuh, udah mulai renggang karena kesibukan masing-masing. hmmm... savoir trois pada kemanakah kalian???

0 komentar:

Posting Komentar

komen sih komen

 

©Copyright 2011 cerita PoENYa-koe | TNB