yuk ke muludan!

2 komentar

suasana muludan

muludan? apaan noh? bagi yang ga ngerti, muludan tuh acara yang memperingati maulud nabi muhammad saw. diambil dari kata maulud dan karena cara pengucapan yang berulang-ulang disertai logat jawa jadilah kata muludan. berbagai macam acara untuk memperingati maulud nabi ini, ada yang pengajian, lomba tilawatil quran, dan lainnya yang masih berbau islami. ada juga yang merayakannya dengan acara pasar kaget seperti kota cirebon. acara tahunan yang entah sejak kapan pasti ada untuk memperingati maulud nabi. pasar kaget mungkin bukan istilah yang ga begitu tepat juga seh, cuma karena banyak banget tenda atau gelaran barang jualan jadi kayak pasar dan bukan ditempat yang semestinya. ditambah dengan banyak permainan khas pasar malam, kayak bianglala, komedi putar, ombak banyu dan lainnya. bahkan dilengkapi dengan pusat jajan segala ana (pujagalana), tempatnya berbagai makanan dan minuman khas cirebon. bukan pasar kaget, bukan pula pasar malam dan bukan saja pujagalana, jadilah seperti itu.
aneka wahana

bianglala

muludan di cirebon biasanya diadakan selama sebulan sebelum maulud nabi. pusat acara di lapangan kesepuhan, bersebelahan dengan keraton kesepuhan dan berhadapan dengan mesjid agung kesepuhan atau biasa disebut mesjid agung merah. keraton kanoman, keprabonan dan kepatihan juga merayakan tetapi tidak sebesar di lapangan kesepuhan. biasanya dua keraton besar, kesepuhan dan kanoman yang paling rame acaranya, tapi ga tau kenapa taun ini cuma di sekitar kesepuhan aja.

judi!

pasar kaget yang luar biasa ramenya, klo menurutku. apa aja ada, dari sandang sampe panganan. klo papan mungkin masih di rumah masing-masing kali, hehehe.. pakaian mo dari atasan bawahan luaran sampe daleman juga ada. segala macem asesoris mo perhiasan sampe asesoris hape juga ada. makanan minuman jangan ditanya de, dari yang umum sampe yang langka juga ada. yang khas dari cirebon sampe kota lain juga ada. gudangnya mainan juga ada. dari yang jadul sampe yang canggih. oh iya pasar hewan ketinggalan, banyak tuh kelinci, ikan, hamster, marmot, ular, burung sampe kecoa tikus juga ada. hehehe… yang unik-unik juga ada, kayak stand ramalan dan stand judi! yup, ada stand judi terselip diantara stand makanan. kayak maen roulette gitu, ada piringan muter bergambar angka-angka dan di sebelahnya ada tumpukan rokok yang ditaruh duit oleh penjudi. entah aturannya gimana, tapi banyak yang main! buat ambil gambarnya aja susah.

yang menarik tentu aja harganya murah meriah. dari barang ga mutu sampe bermutu, asal jeli aja pas beli. berani tawar lebih rendah pasti pulang bawa banyak belanjaan, hehehe… ada juga yang membuatku senyum-senyum kecil karena teringat dulu sering beli mainan ini klo ke muludan. perahu kecil warna-warni dari kaleng bekas yang berbahan bakar minyak tanah, klo jalan bunyi grotok-grotok. hihihi… atau peralatan masak ukuran mini yang sama terbuat dari kaleng bekas, wah masih ada ternyata.

ini mainan langka

yang favorit tentunya makanan dunk. apalagi klo bukan jajanan khas cirebon. ada docang, empal gentong, jamblang, manisan, martabak, cem macem deh.. apa lagi tahu petis kesukaanku! yummy. hehehe… minuman paling sirop tjampolay or sekoteng, yang kuliat cuma itu, abis kebanyakan minuman teh-teh gitu.

ada kerak telor di cirebon!!

tahu petis

sayang, karena cuaca hujan melulu jalanan jadi becek deh… ga baik buat sepatu or sandal cakep. mending sandal jepitan aja. saking ramenya, hati-hati juga dengan barang bawaan, kali ada yang iseng nyopet ^^ hmmm, for all those, muludan is fun!!!

2 komentar:

Posting Komentar

komen sih komen

 

©Copyright 2011 cerita PoENYa-koe | TNB