old story new lesson

0 komentar

Bagaimana klo bulan ini aku planning diet aja, berhubung dah sesak sana sini. Boleh lah. We’ll see...
Aku dapet pelajaran, yah walopun bukan terjadi hari ini tapi tetep aja pengen posting. Aku pengen cerita tentang kejadian di pagi hari selasa lalu. Senin malamnya sahabatku sms, dah tidur ya? Berhubung ga punya pulsa jadi aku diemin. Aku tau itu isyarat dia mo minta tolong tapi apa boleh buat aku ga punya pulsa.
Dan benar dia langsung miskol tanda aku harus balas sms-nya. Sambil ngantuk aku telpon dia pake telpon rumah dan bilang aku ga punya pulsa, dan ternyata dia bilang butuh bantuanku buat translate soal ujian dia. Wah enak banget dah dapet bocoran soal sebelum ujian. Tugasku cuma terjemahin tapi klo bisa jawab ya bolehlah. Kemaren-kemaren juga kayak gitu, dia sms soal-soal dalam bahasa inggris minta terjemahin. Ya aku translate sebisanya aku, untungnya waktu itu soal-soal gampang jadi sekalian aku jawab. Dan malam itu, bia bilang sebelum jam 7 mampir dulu kasih soalnya, dan akhirnya pagi itu dia datang.
Awal pagi itu aku males bangun gara-gara semalem banyak gangguan dari sms ga penting sampe bunyi mangga jatuh ke genteng yang bikin kaget juga kecapean. Emang seh klo kecapean biasanya aku bisa cepet tidur tapi klo baru aja tidur trus tiba-tiba ada gangguan jadinya aku ga bisa tidur lagi. Bangun tidur jadi rada pusing. Pagi itu, ayahku tiba-tiba datang padahal baru aja berangkat ngantor, ternyata ketinggalan barang. Masih di motornya, ayah teriak minta tolong ambilin barang. Aku ambilin dan ayah langsung pergi lagi. Baru aja ayahku pergi, sahabatku dateng dan sedikit berbasa-basi akhirnya dia nyerahin soal yang bakal aku translate. Sahabatku itu langsung komen begitu liat pohon mangga depan rumahku banyak berbuah, dengan segera aku tanya mau? Tadinya mang aku mo kasih sekalian maen ke rumah. Dia bilang sekarang aja biar bisa nyemil sambil ngantor, trus aku langsung ambil beberapa mangga untuk dia.
Tapi, saat aku masuk buat ambil mangga, ada motor masuk dan setelahnya ada ayahku dibelakangnya sambil marah-marah. Aku yang lagi ambil plastik buat mangga langsung lari ke depan rumah sambil mikir ada apa? Begitu ke depan ternyata ayah lagi marah-marah sama orang yang tadi masuk pertama. Aku heran kenapa ayah marah-marah. Ibuku yang lagi nyapu juga langsung ke depan rumah. Ada apa ini? Dan ternyata ayah marah gara-gara orang tersebut yang ternyata calon suami sahabatku itu, belok ke gang rumahku tanpa senyum. Apa maksudnya ini? Ternyata ayahku tersinggung dengan sikap calon suami sahabatku yang belok sambil melotot. Langsung aja ayah teriak saya ga suka cara anda melotot ke saya pas belok tadi!! Calon suami sahabatku itu langsung turun dan dengan bijak langsung minta maap.
Tapi ayahku itu belum mau maapin. Aku malu banget sama sahabatku. Aku bilang aja udahlah yah.. dan ayahku bilang ga bisa!! Ga bisa gitu donk! Loh ko gitu? Aku pikir tu orang dah minta maap tapi ko belum dimaapin? Calon suami sahabatku dah berulang kali minta maap sambil bilang dah sifat saya kayak gini pa, mata saya tu tajem jadi orang yang baru liat pasti komen ni orang ko judes ya. Aku liat muka calon suami sahabatku itu memang keliatan judes pas pertama kali, tapi bisa langsung berubah pendapatku begitu dia minta maap tanpa adu mulut. Ayahku masih marah-marah sampe tetangga heran. Ibuku juga ngademin ayah tapi mang sifat ayah keras kepala jadi nyuekin juga. Aku langsung minta maap ke sahabatku itu, dan dia bilang aku ga ngerti pen? Aku tau maksudnya, ga ngerti kenapa masalah sepele kayak gitu ko diributin. Aku malu banget ayahku begitu, soal salah paham kayak gitu aja sampe adu otot sampe melotot.
Akhirnya ayahku balik ke kantor, pas ayah mo pergi lagi aku bilang, udahlah yah ga usah segitunya, maapin aja. Tapi yang aku dapet hanya pelototan ayahku. Sambil ngegas kenceng akhirnya ayahku pergi. Dan tinggallah aku, sahabatku dan calon suaminya, ibuku dah masuk lagi ngelanjutin nyapu. Aku bilang maap ya mas ayahku mang begitu, maapin ayahku ya. Rada memelas aku minta maap karena aku ga enak banget atas sikap ayahku tadi. Dan di jawab gapapa ko mba, saya yang salah, udah dari sononya mata saya begini, mata saya tu tajem, jadi banyak yang salah sangka katanya. Duh, aku pengen nangis malu banget. Kemudian mereka pamit, sahabatku bilang ntar sore ke sini lagi ambil soal dan terjemahan.
Aku iyain. Mereka pamit dan pergi. Aku masuk rumah sambil mikir keras. Pengen nangis dan marah. Malu dan kesel.
Di kamerku, sambil baca soal yang baru dikasih aku mikir dan mikir. Bukan jawaban soal itu yang aku pikir, tapi kenapa bisa jadi kayak gini.
Mata seh masih ke soal tapi otak mikir ga keruan. Huhuhuhu akhirnya aku nangis, aku sangat sangat sangat dan sangat malu banget. Aku punya ayah yang ga bisa bersikap dingin dan tenang. Ga da yang bisa disalahkan dalam kasus ini pikirku. Semuanya salah menurutku. Ga habis pikir aku sampe aku mandi pun masih nangis. Ibuku diem aja, mungkin itu cara terbaik menyelesaikan masalah ini. Tentu aja, ibuku lebih tau ayahku kayak apa. Tapi, masih ada ganjalan jadi aku bilang aja kenapa ayah kayak gitu bu? Ibuku ga langsung jawab, kemudian bilang, lah kan kamu tau sendiri ayah kayak apa, orang lagi nyetir trus ada yang nyalip bisa marah-marah besar kan? Pake bilang mang ini jalan punya kamu apa? Mang kayak gitu kan ayah? Aku diem telen gitu aja jawaban ibu. Iya seh, ayah suka marah-marah klo soal cara mengemudi di jalan. Malah aku pengen bilang lah mang ayah yang punya jalan juga pa? Masa orang lewat gitu pake disemprot dan dipelotot? Klo orang yang ga ngerti kan bisa adu mulut bisa jadi adu jotos. Aneh pikirku. Aku ga mo lama-lama mikirin masalah ini. Akhirnya aku kerjain aja tugasku buat terjemahin. Dan aku bisa bersikap seperti biasa sambil sesekali bantu ngerusuhin ibu di dapur.
Sambil ngartiin soal sambil dengerin radio, sempet menyimak penyiar radio bilang ada seseorang bijak mengatakan kenapa kita suka marah klo ada kejahatan menimpa diri kita? Apa yang kita marahin? Diri kita sendiri kan? Kenapa kita membiarkan diri kita sendiri terima kejahatan itu? Klo kita menerima dan membiarkan kejahatan itu begitu aja, toh kita ga akan menerima pukulan balik dari marah yang kita lepaskan. Sama aja kayak refleksi tembok, kita mukul toh tangan kita sendiri yang sakit. Sama aja dengan marahnya kita ke kejahatan itu, kita yang cape sendiri tapi kejahatan itu ga ngaruh apa-apa walau kita marah abis-abisan. Pengandaian yang bagus kataku! Hehehe aku senyum-senyum sendiri abis denger penyiar itu. Pelajaran yang bagus buatku dan ayahku. Tapi ga mungkin banget aku ngajarin ayahku gitu, bisa-bisa aku kena semprot dan durhaka ntar klo ujung-ujungnya sambil marah-marah. Buah jatuh ga jauh dari pohonnya kecuali klo gelinding sendiri ke jurang!! Hehehe. Yah satu dua lah aku dan ayahku itu, emosi dan keras kepala sama tapi aku ga sekeras itu, kerasan batu kalee..(yang diturunin tu dua adikku, semua keras kepala banget!) aku masih bisa mikir lagi klo aku diadepin situasi kayak gitu.
Paling panik duluan klo kejepit banget. Ga asal semprot lah. Untung aja aku dapet otak turunan ibuku yang pinter dan bijak, hehehe, jadi aku masih bisa tahan diri. Aku mang nyesel dengan sikap ayah yang kayak gitu, tapi aku ga bisa marah ke ayahku atas sikapnya. Sebagai anak aku hanya bisa doa ya Allah maapkan sikap ayahku tadi. Aku juga ga nyesel jadi anaknya, gitu-gitu juga kepala keluarga seh (tapi menurutku belum bisa jadi ayah ideal, hehehe abis gambaran ayah idealku dan ayahku yang sebenernya jauh banget beda) tetep sampe kapanpun orangtua adalah segalanya, hormati mereka apapun yang mereka lakukan. Ibu, ibu, ibu baru ayah. Aku ga mo masuk neraka gara-gara durhaka. Huh..pengendalian diri lagi.
Sorenya pas ayah pulang kantor, sikapnya dah biasa aja.
Mungkin dah mikir lagi kali. Sempet bahas lagi seh tapi ga sambil marah-marah tapi tetep ga mo disalahkan, gengsi. Aku ma ibuku diem aja. Toh biar aja ini jadi pelajaran buat ayah. Suasana ga enak gini mending dengerin lagu-lagu fave. Bisa ngademin sebentar.
I'm sure that the heart I left behind still lies hidden in the heart of the deep, deep forest. Exhausted, without the strength to search people vanish into the infinite darkness. If it's so small, I wonder if I can see it even now.
As we live on, we lose a little bit more. Shrouded in falsehoods and lies, we stand frozen to the spot, unable to cry out.
The days pass by and change, without us even realizing how blue the sky really is.
Overcoming that made-up scheme, we live the present and our rusted hearts begin to beat again!
If we can find the rhythm of time, we can fly once again. We live our lives wandering to the ends of the earth. Believing, now I begin my journey with you, in search of the light.
Sepenggal arti dari lagu kebangsaanku, Fukai Mori by Do as Infinity. Sayang grup ini dah bubar padahal lagu-lagunya keren-keren dalem lagi liriknya.
Fukai fukai mori no oku ni ima mo kitto ...

0 komentar:

Posting Komentar

komen sih komen

 

©Copyright 2011 cerita PoENYa-koe | TNB